Kenapa Tidak Ada tombol Jual di Bibit? Ketahui Jawabannya di Sini!

Dalam proses pembelian unit reksadana di Bibit memang ada tahapan atau proses yang harus dilewati. Dari sinilah yang membuat beberapa orang menjadi bingung ketika mendapati tidak adanya tombol jual atau penjualan reksadana setelah melakukan pembelian dan pembayaran. Kenapa ini bisa terjadi? Nah berikut ini penjelasan yang perlu kamu pahami.

Proses Verifikasi

Ketika kamu membeli sebuah unit reksadana di Bibit maka terlebih dulu Manajer Investasi akan melakukan proses verifikasi. Tahapan awal proses verifikasi pembelian oleh Manajer Investasi ini sendiri terbagi menjadi dua berdasarkan waktu pembelian.

1.       Pertama, bila kamu melakukan pembelian dan transaksi pembayaran reksadana sebelum pukul 13.00 WIB (misalnya hari Senin jam 09:00 WIB), maka Manajer Investasi akan melakukan verifikasi pada hari yang sama (Senin jam 22:00 WIB).

2.       Kedua, jika kamu melakukan pembelian dan transaksi pembayaran setelah pukul 13.00 WIB (misalnya hari Senin jam 15:00 WIB), maka Manajer Investasi akan melakukan verifikasi pada hari bursa berikutnya (Selasa jam 22:00 WIB).

Proses Penyelesaian Pembelian

Proses berikutnya yang harus dilewati saat kamu melakukan pembelian unit reksadana di Bibit adalah penyelesaian transaksi. Dalam proses penyelesaian pembelian ini juga ada dua pembagian berdasarkan waktu pembelian.

1.       Pertama, bila kamu melakukan pembayaran reksadana sebelum pukul 13.00 WIB (misal hari Senin), maka penyelesaian proses pembelian akan selesai pada hari bursa berikutnya sekitar jam 22.00 WIB (Selasa) setelah Manajer Investasi melakukan verifikasi pada hari yang sama (Senin jam 22:00 WIB).

2.       Tapi bila kamu melakukan pembayaran reksadana setelah pukul 13.00 WIB (misal hari Senin), maka penyelesaian proses pembelian akan terjadi di hari Rabu sekitar jam 22.00 WIB setelah Manajer Investasi melakukan verifikasi di hari Selasa (jam 22.00 WIB).

Catatan :

Pembelian di akhir pekan atau hari libur nasional akan membuatmu harus menunggu proses penyelesaian lebih lama karena memang bursa yang tutup saat weekend.

Uang Diterima Namun Produk Reksadana Belum Masuk Portofolio

Perlu diketahui juga bahwa bila kamu melakukan pembayaran reksadana dengan metode Virtual Account (VA), Gopay dan LinkAja maka otomatis uang kamu langsung. Meski dana sudah diterima, kamu tidak akan mendapati tombol jual karena proses pembelianmu masih harus melalui proses verifikasi dan penyelesaian. Dalam arti lain karena proses pembelian belum tuntas maka produk atau unit reksadananya belum masuk ke portofolio.

Pengecekan Status Pembelian Reksadana

Nah setelah proses pembelian reksadana ini terselesaikan maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi lewat email. Kamu juga bisa mengecek status pembelian ini di menu transaksi dan menu produk reksadana yang dibeli. Jika sudah didapati unit reksadana sudah terbeli dan masuk portofolio maka akan didapati atau muncul tombol jual untuk bisa kamu gunakan.

Baca juga artikel kita tentang jam bursa saham di pasar modal di sini.

Itulah penjelasan mengenai kenapa tidak ada tombol jual di aplikasi Bibit. Dari sini kamu yang sudah melakukan pembelian dan pembayaran reksadana tak perlu bingung dan khawatir jika mendapati belum munculnya tombol jual. Ada baiknya, kamu tidak perlu terburu-buru untuk menjual reksadanamu, karena investasi di reksadana lebih baik jangka panjang akan hasil keuntungan yang didapat bisa maksimal.