Di zaman yang serba cepat dan sangat digital seperti sekarang ini, kita dituntut untuk selalu up to date, alias selalu tahu segala macam berita terbaru yang sedang banyak diperbincangkan, bahkan viral di media sosial. Sebenarnya, menjadi yang paling update sekarang ini, tidak hanya bermanfaat untuk diri kita, tetapi bisa jadi bermanfaat untuk bisnis kita dan usaha kita lainnya. Kita bisa mengikuti trend yang ada, sehingga bisnis atau usaha kita tidak ketinggalan jaman.
Salah satu yang bisa membuat kita tidak ketinggalan informasi adalah Google Trends. Pernahkah kamu mendengarnya bahkan menggunakannya? Sebagai mesin pencarian favorit, kredibilitas Google tentu tak bisa diragukan lagi. Dari sinilah maka fitur dan kelebihan dari Google Trends yang ada perlu dipahami dengan baik.
Apa Itu Google Trends?
Google sebenarnya sudah menyediakan sebuah layanan yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan riset kata kunci yang sering digunakan atau mencari topik yang sedang banyak dibicarakan orang. Layanan ini dikhususkan untuk para marketer maupun para pelaku usaha untuk mencari data pencarian di Google. Layanan yang satu ini diberi nama Google Trends.
Google trends sendiri adalah layanan dari Google yang mulai dirilis pada tahun 2006 dan hingga saat ini layanan ini masih terus di kembangkan. Google trends sendiri adalah layanan yang memiliki kemampuan cukup banyak, ada berbagai fitur serta fungsi yang dapat digunakan. Mencari kata kunci yang sering digunakan, mencari topik yang sedang hangat dibincangkan, mengetahui perbandingan antar kata kunci serta tampilan yang sederhana dan mudah di pahami itu adalah sebagian kelebihan dari Google Trends.
Google membebaskan siapapun untuk menggunakan layanan yang satu ini karena memang gratis. Kamu dapat mencari berbagai informasi yang sering dicari orang pada mesin pencari Google. Termasuk salah satunya adalah mencari ide bisnis dengan Google Trends.
Baca juga artikel tentang Cara Mencari Foto dengan Google Image di sini
Bagaimana Cara Menggunakan Google Trends?
Menggunakan Google Trends untuk mencari informasi terkait topik dan kata kunci ternyata sangatlah mudah. Namun perlu diingat, agar lebih memudahkan kamu menemukan kata kunci ataupun ide sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu topik apa yang ingin dibahas.
Dengan mencari topik di awal akan memudahkan kamu dalam mencari informasi terkait topik yang sudah ditentukan sebelumnya.
Setelah menentukan topik yang menarik untuk diangkat, maka selanjutnya kamu bisa menggunakan beberapa cara dalam menentukan keyword terbaik.
Jika sudah mempunyai akun Google, kamj tinggal membuka halaman Google Trends.
Buka halaman “Daily Search Trends” yang dapat diakses melalui “ Trending Searches” di bagian pojok kiri atas Google Trends.
Tuliskan ke dalam kolom ‘Enter a Search Term or a Topic’ atau ‘Add a Search Term’, keyword yang ingin kamu cari.
Google Trends akan memunculkan informasi yang cukup lengkap mengenai intensitas pengguna Google Search menggunakan kata yang kamu cari.
Di Google Trend ada fitur comparison untuk membandingkan keyword sampai dengan lima keyword. Fitur tersebut memberikan Kami perbandingan tingkat pencarian antar keyword dalam bentuk grafik, dan peta wilayah.
Kamu juga dapat melakukan filter berdasarkan lokasi, waktu, kategori, dan tipe penelusuran.
Seperti yang kita tahu Google Trends memang menjadi sebuah layanan dari Google yang memberikan banyak sekali manfaat. Dengan menggunakan layanan ini, kamu bisa mendapatkan banyak informasi terkait mesin pencarian Google. Dengan adanya informasi tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat konten se-unik dan se-menarik mungkin untuk bisnis atau pekerjaanmu.
Kamu bisa menggunakan Google Trends untuk bisnismu, selain itu kamu juga bisa mengumpulkan pundi-pundi bisnismu ,lewat investasi reksadana di Bibit lho. Kamu bisa gunakan fitur goal setting, dan tentukan tujuan investasimu untuk apa. Download Bibit sekarang.