Seiring dengan perkembangan zaman, Telkomsel berkomitmen untuk terus beradaptasi dalam menghadirkan perubahan yang dapat menjawab berbagai tantangan. Memasuki umur 26 tahun, untuk pertama kalinya Telkomsel mengubah logo perusahaan.
Menurut Direktur Utamanya, Hendri Mulya Syam, Telkomsel akan memperkenalkan semangat yang dibarengi dengan pembaharuan identitas Telkomsel yang baru. Yang akan memperkuat kehadiran Telkomsel sebagai simbol perubahan bagi kemajuan bangsa. Komitmen tersebut akan diwujudkan oleh Telkomsel melalui kelanjutan peta jalan transformasi digital perusahaan yang lebih komprehensif.
Telkomsel kini semakin memperkuat visi dan misi perusahaan dalam membuka semua peluang bagi masyarakat untuk dapat #BukaSemuaPeluang, dengan memaksimalkan potensi mereka di segala aspek kehidupan melalui kemungkinan yang tanpa batas. Masyarakat bisa langsung melihat perubahan signifikan pada pembaharuan identitas hingga produk dan layanan Telkomsel yang lebih terintegrasi dan customer-centric seiring dengan komitmen sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia.
Pembaruan brand identity telkomsel terdiri dari beberapa elemen, baik visual maupun audio. Salah satu yang tidak berubah dan tetap dipertahankan adalah warna merah putih pada logo Telkomsel.
Berikut perubahan identitas atau logo Telkomsel :
Logo dan font type
terinspirasi dari warisan unik Indonesia yaitu motif batik, logo baru Telkomsel menyadur ukiran motif batik yang dirangkai menjadi sebuah font type khusus milik telkomsel: Telkomsel Batik Sans.
Font type ini merupakan karya anak bangsa yakni Deni Anggara dari Degarism Studio, Bandung. Selain itu, logo baru Telkomsel memadukan huruf kapital dan huruf kecil yang merepresentasikan semangat Telkomsel untuk lebih ramah dan dekat dengan pelanggan.
Simbol portal
Sebagai pendamping dari logo baru, Telkomsel memperkenalkan sebuah simbol baru berupa portal, yang dapat digunakan secara sendiri atau bersama dengan logo baru.
Filosofi dari portal ini merepresentasikan semangat dari Telkomsel untuk membuka dunia yang penuh dengan peluang kepada Indonesia.
Variasi warna
Merah dan putih dari bendera Indonesia tetap menjadi warna utama dari Telkomsel. Dua warna itu mewakili keberanian, kekuatan, kemurnian, dan kejujuran. Namun agar bisa menstimulasi perasaan dan terhubung secara lebih emosional kepada seluruh pelanggan, Telkomsel memperkenalkan beberapa warna sekunder yaitu: merah tua, biru navy, kuning kunyit, abu-abu dan hitam.
Brand architecture
Untuk menyederhanakan brand strategy dari seluruh layanannya, Telkomsel mengubah pendekatan multi brand menjadi monolithic brand.
Dimana dalam seluruh komunikasi kepada pelanggan, merk Telkomsel akan menjadi lebih kuat dan menonjol. Salah satu contohnya adalah penyederhanaan merk simPATI, Kartu As dan Loop menjadi satu nama, yakni Telkomsel Prabayar.
Sonic Branding
Selain elemen visual, Telkomsel juga menghadirkan musik baru yang akan merepresentasikan merk dari Telkomsel.
Musik ini memadukan instrumen tradisional dan modern, menjadi sebuah musik yang energik, dinamis, modern dan orisinil.
Lagu Baru Telkomsel
Di momen peluncuran logo baru, Telkomsel bekerja sama dengan Yovie Widyanto, Arsy Widyanto dan Tiara Andini untuk meluncurkan lagu baru milik Telkomsel dengan judul “Memilih aku”.
Lirik dan melodi dari lagu ini menggambarkan rasa terima kasih Telkomsel kepada Indonesia yang telah memilih Telkomsel selama 26 tahun, dan komitmen kuat bahwa Telkomsel akan selalu ada untuk Indonesia.
Selain mengenalkan logo baru, hal menarik lainnya adalah dengan perubahan brand produk Telkomsel yang kini lebih banyak memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk pelanggan.
Kini, layanan prabayar Telkomsel (simPATI, Kartu AS, dan Loop) yang berganti nama menjadi Telkomsel Prabayar, dan Kartu Halo yang kini menjadi Telkomsel Halo. Tidak ada yang berubah dalam segi layanan yang diberikan ke pelanggan. Mereka dapat menggunakan semua layanan yang digunakan baik, simPATI, Kartu AS, Loop, dan Kartu Halo dengan baik.
Telkomsel juga terus memperluas jaringan 5G secara bertahap dan terukur sebagai penerapan teknologi broadband baru. Telkomsel akan membuka kerja sama dengan perusahaan teknologi lain dan penyedia platform digital di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kontribusinya terhadap pertumbuhan bangsa menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital dunia.
Begitu juga dengan Bibit, kini metode pembayaran Bibit sudah diperluas dengan bank Jago. Sekarang kamu bisa menggunakan fasilitas autodebet rekening Jago untuk belanja reksadana. Dengan adanya Bank jago yang bekerja sama dengan Bibit, pembayaran bisa dilakukan tanpa harus lagi ribet top up lagi demi memanfaatkan pembayaran instan tanpa delay. Dan tentunya ada banyak promo cashback dari bank Jago. Yuk, makin rajin lagi investasi di aplikasi Bibit agar mendapatkan keuntungan di masa depan.