Saat ini hampir semua urusan pembayaran rumah tangga bisa dilakukan secara online. Bahkan, cek tagihan listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun bisa kamu lakukan secara online tanpa menunggu petugas listrik datang untuk melihat meteran listrik di rumah.
Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk cek pemakaian listrik. Mulai dari SMS, telepon dan aplikasi. Jika dulu kamu bisa berlangganan email e-billing untuk jumlah tagihan listrik bulanan kamu, maka sekarang layanan itu sudah tidak ada lagi. Jadi, kalau sekarang kamu mencoba mengakses link untuk berlangganan e-billing, www.pln.co.id/info-rekening/, kamu akan diarahkan ke laman beranda dari situs pln.co.id.
Baca juga artikel Cara Membuat Tabungan Haji Di Aplikasi Bibit di sini!
Kali ini Bibit akan menyajikan masing-masing cara cek tagihan listrik online untuk memudahkan kamu dalam melacak tagihan listrik tiap bulannya. Sebelum menuju ke pembahasan mengenai cara cek tagihan listrik, yuk cari tahu dulu perbedaan antara listrik prabayar dan pascabayar.
A. Listrik prabayar
Saat ini, banyak rumah tangga yang memutuskan untuk menggunakan fasilitas listrik prabayar. Sambungan listrik prabayar merupakan layanan dari PLN dimana pelanggan bisa mengatur pemakaian listriknya sesuai dengan budget.
Sistem pembayarannya sama dengan pembelian pulsa untuk pengguna SIM Card prabayar pada telepon genggam. Jadi kamu harus membeli pulsa listrik sebelum bisa menggunakannya. Jika pulsa listrik kamu habis, harus melakukan pengisian pulsa ulang.
Kelebihan listrik prabayar:
Pelanggan bisa menentukan dengan pasti budget pemakaian listrik per bulannya
Tidak ada denda telat bayar
Cocok untuk kamu yang memiliki kontrakan atau rumah kos
Tidak akan terjadi risiko kesalahan pencatatan meteran oleh petugas
20 digit pulsa listrik hanya bisa digunakan di meteran kamu, sehingga keamanan terjamin
Kekurangan listrik prabayar:
Jika pemakaian terlalu besar, listrik bisa tiba-tiba mati sehingga kamu harus selalu sedia voucher pulsa listrik cadangan
Meteran listrik prabayar lebih sensitif dan mudah rusak
B. Listrik pascabayar
Sistem layanan listrik pascabayar merupakan layanan listrik yang tagihannya per bulan, dan pembayaran dilakukan setelah pemakaian. Pembayaran listrik bisa dilakukan langsung lewat loket atau secara online menggunakan aplikasi milik PLN.
Kelebihan listrik pascabayar :
Listrik selalu tersedia, tidak ada risiko tiba-tiba mati karena habis pulsa
Kamu tidak harus melakukan isi pulsa listrik sendiri
Kekurangan listrik pascabayar :
Jika tidak hati-hati, pemakaian bisa overbudget
Jika menunggak, kamu bisa dikenakan denda bahkan pemadaman listrik
Petugas PLN harus datang untuk cek meteran listrik, namun saat ini kamu bisa menggunakan cara online untuk cek tagihan
Langsung aja yuk kita bahas cara cek tagihan listrik untuk pengguna layanan listrik pascabayar PLN berikut ini!
1. Cara cek tagihan listrik PLN lewat telepon
Cara pertama adalah dengan menggunakan layanan telepon. Kamu bisa menghubungi PLN untuk cek tagihan listrik yaitu di nomor 123. Sedangkan jika kamu menelpon dari ponsel, maka formatnya adalah (kode area)123. Contohnya, jika kamu di Jakarta maka formatnya adalah 021-123.
Jika telah tersambung, kamu perlu ikuti petunjuk dari operator. Untuk melakukan panggilan ke call centre PLN, dikenakan tarif telepon normal. Kamu dapat lakukan pengecekan ini kapanpun karena call centre PLN siap sedia 24 jam.
2. Cara cek tagihan listrik PLN lewat website
Berikutnya kamu bisa mengecek tagihan listrik lewat website. Cara ini tidak menggunakan website milik PLN, namun hasil pengecekan tetaplah akurat.
Caranya:
Masuk ke laman www.cekbill.com/cek-tagihan-listrik-online dan kamu akan menemukan kolom untuk mengisi ID pelanggan.
Masukan ID pelanggan PLN
Masukan 6 digit captcha dan klik “Cek Tagihan” Nominal tagihan listrik kamu akan muncul.
3. Cara cek tagihan listrik PLN lewat SMS
Pengecekan tagihan listrik secara online yang paling sederhana adalah dengan menggunakan SMS. Dengan cara ini kamu tidak butuh sambungan internet, bahkan kamu tidak perlu telepon pintar. Layanan ini tersedia bagi pengguna pengguna operator seluler Telkomsel, Indosat, T-Flexi, dan XL.
Adapun format SMS yang digunakan adalah:
REK(spasi)No ID Pelanggan
Kirim ke nomor 8123
Kemudian bagi kamu yang ingin berlangganan SMS otomatis bisa mengirimkan pesan singkat dengan format:
PLN(spasi)ON(spasi)No ID Pelanggan
Kirim ke nomor 8123
Sedangkan jika kamu ingin berhenti, silakan mengirimkan SMS dengan format sebagai berikut:
PLN(spasi)OFF(spasi)No ID Pelanggan
Kirim ke nomor 8123
Hanya saja, untuk menggunakan layanan SMS ini tidaklah gratis. Biayanya adalah Rp 500 untuk setiap pesan, apapun operator seluler kamu.
Layanan pelanggan PLN lainnya
Pihak PLN juga menyediakan beberapa saluran customer service yang bisa kamu akses lewat media sosial, email, dan telepon.
Layanan pelanggan PLN:
Telepon : 123
Twitter : @pln_123
Facebook : PLN 123
Email : pln123@pln.co.id
Layanan ini bisa kamu akses kapan saja, dan bisa digunakan untuk mengajukan pertanyaan bahkan keluhan. Sedangkan jika kamu ingin menggunakan bantuan online lain seperti penambahan daya atau pemasangan listrik sementara, kamu dapat mengakses layanan online PLN.
Dari ulasan di atas, dapat dilihat ternyata mengecek tagihan listrik bulanan tidak rumit dan bisa menggunakan berbagai cara sesuai keinginan kamu. Kamu bisa mengetahui jumlah pemakaian dengan cepat. Dengan demikian, pembayaran tagihan pun bisa berjalan lancar. Adanya perbaikan pelayanan menggunakan fasilitas berbasis online juga memungkinkan semua orang untuk memenuhi kebutuhannya akan listrik dengan lebih mudah. Nah, kalau di aplikasi Bibit ada yang namanya halaman Portfolio dimana kamu bisa cek perkembangan investasi reksadana kamu, mulai dari total investasi kamu per hari ini hingga total keuntungan atau laba yang kamu peroleh. Sedetail itu kalau berinvestasi di Bibit. Yuk, mulai atur keuanganmu dan jadilah milenial yang melek finansial!