Pemerintah yang memberlakukan PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) selama masa pandemi membuat PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) melakukan penyesuaian. Jadi bagi masyarakat yang sudah membeli tiket namun perjalannya dibatalkan oleh KAI karena PPKM, bisa mengajukan pembatalan dengan pengembalian bea tiket sebesar 100 persen. Begini cara membatalkan dan pengajuan refund dananya.
Pemberitahuan dan Dihubungi oleh Contact Center 121
Terkait pembatalan perjalanan kereta api yang dilakukan KAI karena penyesuaian terhadap kebijakan PPKM maka calon penumpang yang terdampak perjalanannya akan dihubungi oleh Contact Center 121 terkait proses pembatalan tiketnya. Tapi bila sudah mengetahui perjalanan kereta api yang akan kamu naiki dibatalkan, kamu bisa segera melakukan mengajukan pembatalan.
Pembatalan Melalui Aplikasi KAI Access
Untuk melakukan pembatalan dan refund dana ini kamu bisa melakukannya melalui aplikasi KAI Access. Dengan menggunakan aplikasi maka kamu akan terhindar dari keharusan keluar rumah di masa pandemi. Pembatalan melalui aplikasi KAI Access sendiri dapat dilakukan oleh penumpang yang bersangkutan atau oleh salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access serta menggunakan akun KAI Access milik pemohon.
Sementara itu untuk proses pembatalan tiket kereta lewat KAI Access ini bisa dilakukan paling lambat 3 jam sebelum jadwal keberangkatan yang tertera di tiket. Jadi jangan sampai terlambat ya.
Pembatalan Melalui Channel Eksternal atau Mitra Pemesanan
Selain melalui aplikasi KAI Access, kamu juga bisa melakukan pembatalan dan refund melalui channel eksternal atau mitra pemesanan. Untuk melakukan pembatalan melalui cara ini kamu harus memastikan data pemesanan sama dengan di akun KAI Access seperti nama, nomor telepon, dan e-mail.
Pembatalan Lewat Loket Stasiun dan Layanan Contact Center KAI
Jika sudah terlewat masa pembatalan melalui aplikasi KAI Access yakni sebelum 3 jam pemberangkatan, kamu masih bisa melakukan pembatalan melalui loket stasiun atau juga melalui layanan Contact Center KAI melalui WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121. Di sini kamu bisa melakukan pembatalan di bawah 3 jam pemberangkatan kereta hingga H+30 dari tanggal yang tertera pada tiket.
Refund dan Pengiriman Dana
Setelah proses pembatalan, kamu tinggal menunggu refund atau pengembalian bea tiket. Refund sendiri akan dilakukan PT KAI paling lambat 14 hari dari tanggal proses pembatalan. Nantinya bea tiket akan ditransfer melalui rekening yang di-input. Dari sinilah maka kamu harus benar-benar memastikan nomor rekening yang diinput dan dikirim sesuai serta tidak salah tulis.
Pembatalan Atas Inisiatif Sendiri
Sementara itu untuk calon penumpang kereta api yang melakukan pembatalan atas inisiatif sendiri maka diberlakukan pengembalian bea tiket sebesar 75 persen saja. Pembatalan dengan refund 100 persen memang diperuntukkan bagi mereka yang jadwal keretanya dibatalkan oleh PT KAI.
Baca juga artikel kita tentang aturan lengkap PPKM Darurat di sini.
Demikianlah informasi mengenai cara membatalkan tiket kereta api yang terdampak kebijakan PPKM. Dari sini maka kamu tak perlu bingung lagi saat jadwal perjalanan keretamu dibatalkan pihak KAI. Di masa pandemi seperti sekarang kita memang harus selalu cermat dan tanggap. Tidak hanya soal pembatasan kegiatan, tapi kita juga harus cermat tentang finansial. Nah, agar finansial tetap baik dengan prospek masa depan yang menguntungkan, kamu bisa menjalankan investasi reksadana di aplikasi Bibit.