Melamar kerja ibarat sedang bersaing dalam kompetisi dengan beberapa pesaing dari pelamar lainnya. Siapa yang paling hebat, ia yang akan menang. Selain CV (Curriculum Vitae), ada surat pengalaman kerja yang jadi kunci sakti agar HRD dan user-mu tertarik dan menjadikanmu karyawan baru di perusahaan.
Sebelumnya kamu harus tahu, apa sih sebenarnya surat pengalaman kerja itu? Surat pengalaman kerja atau yang biasa disebut sebagai portofolio adalah surat pernyataan bahwa kamu pernah bekerja di perusahaan sebelumnya dengan rincian job description seputar pekerjaan dari posisi yang kamu jabat. Surat pengalaman kerja bisa dalam bentuk karya kamu berupa foto, video, dan dokumen seperti Power Point, Word, dan Excel yang selanjutnya dikirim melalui email.Hal ini penting karena bisa menunjukkan kinerjamu selama berada di perusahaan sebelumnya.
Nah, sebelum mencari penghasilan, kamu harus cari pengalaman dan membuat surat pengalaman supaya kamu bisa langsung di hire HRD, yuk, simak 5 cara membuat surat pengalaman kerja yang keren dan mengesankan!
Pilih karya yang terbaik dan menarik
Meski hasil pekerjaan atau karyamu banyak dan dikerjakan dengan usaha yang maksimal, tapi tidak semua harus dimasukkan dalam surat pengalaman kerjamu. Sebaiknya, pilihlah hasil pekerjaan yang terbaik, menarik, dan tentunya pernah mendapat pujian atau penghargaan dari si mantan bos. Dengan memilih karya-karya terbaik, pasti dapat membuat keterampilanmu di depan HRD jadi lebih menonjol.
Buatlah portofolio dengan tampilan yang menarik
Jika kamu ingin mendesain surat pengalaman kerja, usahakan desain dengan sederhana, elegan, tapi tetap menarik. Kamu bisa mengaplikasikannya ke dalam Power Point, website, dan desain dengan Adobe Photosop. Jangan lupa gunakan warna-warna dengan paduan yang tidak terlalu mencolok agar nyaman untuk dilihat. Dan pilihlah maksimal dua warna yang mewakili representasi dirimu yang ingin kamu ‘jual’ ke HRD.
Jangan hanya pamer prestasi, sajikan dengan bukti
Prestasi yang kamu pamerkan ke HRD haruslah benar-benar yang pernah kamu raih. Bukan hanya tulisan yang dibuat-buat, sajikan dengan bukti misal: lomba fotografi atau video film pendek yang membuatmu menang di sebuah kompetisi.
Aktif dalam komunitas
Penilaian terpenting lainnya dari HRD adalah adanya kegiatan yang menunjukkan bahwa kamu orang yang aktif dalam komunitas. Tuliskan peran dan tugasmu dalam komunitas tertentu. Kamu bisa menuliskan project sukses yang telah kamu bangun bersama dengan komunitas.
Sertakan si andalan “About Me”
About Me wajib kamu masukkan ke dalam surat pernyataan dengan menjelaskan sejarah atau asal mula mengapa kamu tertarik dengan bidang yang kamu geluti. Misalnya, bidangmu adalah penulis. Kamu bisa masukkan link blog-mu, salah satu karya tulisanmu, dan mungkin penghargaan hasil dari kompetisi blog yang pernah kamu ikuti.
Berikut ada 2 contoh surat pengalaman kerja yang bisa kamu jadikan inspirasi:
Itu dia beberapa cara membuat surat pengalaman kerja yang keren dan bisa membantu meningkatkan nilai jual agar dilirik para HRD. Mulai sekarang, yuk, rencanakan dan buatlah sesuai dengan cara di atas agar surat pengalaman kerjamu semakin mengesankan. Terakhir, jangan malas untuk terus meng-update surat pengalaman kerja atau portofoliomu, ya. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan pekerjaan impianmu!