4 Strategi Pemasaran Online untuk Bisnis Kamu

Saat ini hampir semua pelaku usaha atau pebisnis melakukan bisnis online. Hal ini termasuk wajar karena di masa kini kegiatan ekonomi sangat bergantung dengan teknologi dan online. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membahas tentang bagaimana strategi pemasaran bisnis online untuk pemula yang pas dan sesuai.

Menurut riset Google, sekarang hampir 97% orang menggunakan Internet untuk mencari informasi sebelum melakukan pembelian. Dulu, jika kita ingin membeli tas model baru bisa datang ke toko atau mall untuk membeli langsung. Namun saat ini, kemudahan belanja tas online, ada di ujung jari saja. Sangat mudah dan cepat!

Salah satu faktor penyebab ini semua bisa terjadi adalah karena semakin banyak orang yang memahami strategi pemasaran online atau marketing online untuk bisnis online mereka. Nah, agar bisa merasakan untung dari bisnis online, cara-cara memulainya perlu kamu perhatikan. Sebab cara-cara tersebut nantinya bakal mempengaruhi bisnis online-mu ke depan, sukses atau malah berhenti di tengah jalan. Buat lebih jelasnya, yuk simak strategi memulai bisnis online berikut ini!

Baca juga artikel Apa Saja Syarat Menjadi IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil)? di sini!


Paham apa yang dijual dan temukan keunikannya

Kalau gak paham dengan barang yang mau kamu jual, ngapain juga kamu jalankan bisnis online? Paham atau tidaknya kamu menentukan lho gimana hasil bisnis online-mu nanti. Penting tahu ini. Sebab ini menjadi cara memulai bisnis online dari nol.

Hal pertama yang mesti kamu pahami adalah barang atau produk yang bakal kamu jual. Bahkan, kamu wajib tahu sedetail-detailnya. Pemahamanmu ini membantu kamu buat mengetahui kualitas produk yang dijual. Kamu juga tahu berapa harga beli dan harga jual yang pantas.

Kedua, kamu juga harus memahami selera pasar. Apa yang lagi orang-orang suka saat ini? Model seperti apa yang mereka ingin punya? Kalau hal-hal itu bisa kamu pahami, dijamin barang-barang yang kamu jual mendatangkan banyak pembeli.

Ketiga, pastikan produk yang kamu pasarkan nanti memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri. Ingat, kamu tidak akan mencoba menjual kepada semua orang. Tujuan kamu adalah untuk menentukan dengan jelas siapa yang kamu targetkan, mengapa mereka menginginkan produkmu, dan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya.

Membuat website dan media sosial

Media sosial adalah cara pemasaran dengan berbiaya rendah namun dapat secara efektif membangun kesadaran merk dan membuka interaksi melalui konten-konten dengan target pelanggan. Pilih media yang sesuai dengan target pelangganmu, misal Facebook, Instagram, dan Website. Selain website dan sosial media, kamu juga bisa membuka tokomu di berbagai e-commerce, seperti Tokopedia, Blibli, Shopee, dan Bukalapak. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah membeli produk yang kamu jual.

Promosikan Produkmu Dengan Konten Berbayar

Bukan rahasia lagi bahwa promosi lewat sosial media dapat membantu meningkatkan volume penjualan, meningkatkan profil bisnis, sekaligus mendatangkan pelanggan baru.

Saat ini media sosial semisal Facebook dan Instagram menawarkan ads atau iklan berbayar buat kalian yang ingin produknya makin dikenal. Dikutip dari Facebook, biaya beriklan di medsos tersebut dimulai dari US$5 hingga US$50 ribu per minggu.

Terkadang sebuah kampanye kecil bisa membuat perbedaan besar. Contohnya: dengan hanya beriklan sebesar Rp 40 ribu sehari saja melalui Facebook atau Instagram, kamu akan memiliki 3000-9000 calon pelanggan baru untuk bisnis online-mu. Tentunya ini sangat layak untuk dicoba.

Mempertahankan pelanggan setia

Jika sudah mendapatkan pelanggan setia, maka wajib buat kamu menjaga hubungan dengan mereka agar menjadi loyal customer. Sebab promosi untuk mendapatkan pelanggan baru jauh lebih mahal bahkan hingga 25 kali lipat dibandingkan menjaga hubungan dengan pelanggan setia.

Cara yang bisa dilakukan untuk membuat mereka selalu repeat order adalah dengan memberikan reward kepada pelanggan, seperti diskon, bonus produk, atau bebas ongkos kirim sebagai rasa terima kasih karena telah membeli kembali. Sistem ini cukup efektif untuk mendapatkan pelanggan setia. Kamu juga bisa melakukan giveaway atau mini quiz dengan hadiah khusus bagi pemenangnya lho!


Itu dia strategi yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis online, semoga tips di atas bisa menjadi inspirasi kamu yaa! Nah, untuk Sobit yang ingin memulai bisnis online tapi belum memiliki modal kamu bisa memanfaatkan fitur Goal Setting yang ada di aplikasi Bibit sebagai tabungan untuk mengumpulkan dana modal bisnismu. Kamu tinggal tentukan berapa uang yang ingin kamu kumpulkan untuk tujuan kamu, aplikasi Bibit akan bantu hitung berapa nilai yang perlu kamu tabung setiap bulannya untuk mencapai tujuan kamu.