Sejak tahun 2020 dan hadirnya pandemi, 80% pola hidup dan aktivitas jadi sangat berubah khususnya di bidang pendidikan dan bisnis. Banyak sekali kantor dan sekolah yang terpaksa harus menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan aktivitas dari rumah akibat pandemi Covid – 19. Salah satu solusi untuk dapat mempermudah dalam membantu kerja adalah dengan menggunakan salah satu aplikasi bawaan dari Google, yaitu Google Form.
Meski awalnya nggak terlalu populer, Google Forms di tahun 2021 ini menjadi salah satu produk pembuatan formulir terbaik yang bisa kamu gunakan. Untuk keperluan apapun, mulai dari yang santai hingga formal.
Apa Itu Google Form?
Untuk pengertiannya sendiri, Google Form adalah salah satu aplikasi administrasi kebutuhan survei dan termasuk ke dalam G – Suite (suite kantor google drive) bersamaan dengan Google Document, spreadsheet, dan slides.
Dan fitur dari formulir ini, akan menampilkan fitur berbagi yang dapat ditemukan dalam document, spreadsheet, dan slides. Cara untuk membuat Google Form pun terbilang sederhana. Data yang telah diisi responden pada tampilan formulir, nantinya akan tersimpan dengan aman pada Google Database.
Google Form Bisa untuk Apa Saja?
Setelah memahami secara singkat apa itu Google Form, sekarang yuk kita bahas apa saja fungsi Google Form itu apa saja!
Kuesioner
Fungsi yang pertama adalah membuat formulir untuk kebutuhan kuesioner. Di mana, berisi mengenai kritik, saran, feedback (umpan balik), data evaluasi, dan kebutuhan form penelitian. Untuk kuesioner sendiri banyak digunakan dalam bidang pendidikan, bisnis, dan penelitian ilmiah.
Pendaftaran Kerja
Untuk fungsi yang kedua digunakan untuk pembuatan formulir pendaftaran kerja. Dikarenakan banyak kantor atau perusahaan yang menerapkan aturan protokol kesehatan, maka beberapa pekerjaan memungkinkan untuk melakukan aktivitas kerja secara remote.
Di mana dilakukan dari rumah tanpa perlu datang ke kantor setiap hari. Begitu pula dengan orang yang ingin mendaftarkan kerja, juga akan mengisi sebuah form pendaftaran kerja dengan mudah dan cepat melalui Google Form ini. Cukup dengan mengisi nama, pertanyaan, dan posisi kerja yang diminati.
Informasi Kontak
Ketiga, berfungsi untuk membuat formulir kebutuhan informasi kontak. Biasanya dapat berupa form untuk mengisi nama email, kontak keanggotaan, dan informasi pribadi untuk tujuan pemasaran (marketing).
Lembar Kerja
Yang keempat, dapat berfungsi sebagai form pengisian terkait lembar kerja. Data yang digunakan biasanya berisi mengenai form untuk upload file, pengerjaan tugas sekolah dalam bentuk pilihan maupun esai, dan lain sebagainya.
Pembelian Produk
Dan fungsi yang terakhir, untuk pembuatan formulir pembelian produk. Sehingga kamu nggak perlu untuk mencatat hasil dari penjualan produk secara manual. Akan tetapi semua informasi tersebut akan terekam dengan baik menggunakan google form.
Gimana Cara Membuat Google Form untuk Pemula?
Kalau kamu penasaran gimana cara membuatnya, let’s go langsung ikuti langkah – langkah yang tepat dan mudah.
Mempersiapkan akun pengguna
Langkah pertama, pastikan kamu memiliki google account dan telah masuk dalam google drive. Setelah itu, klik tombol “new” yang berada di bagian pojok kiri atas antarmuka. Setelah muncul beberapa pilihan, anda pilih menu yang berlabel “Google Forms”.
Melakukan pengisian pada google form sesuai kebutuhan
Setelah masuk pada menu form, pastikan kamu telah memiliki tujuan topik yang akan kamu buat. Google akan menyediakan template kosong serta beberapa template pilihan untuk memudahkan proses pengerjaan formulir.
Hal yang pertama harus kamu isi terlebih dahulu adalah mengisi judul dan deskripsi dari formulir. Kemudian, buatlah daftar pertanyaan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan awal kamu. Di dalam form telah tersedia banyak sekali model pertanyaan dan pengisian.
Terdapat beberapa pilihan model pengisian yang dapat kamu manfaatkan, diantaranya adalah:
Multiple Choice
Model ini berbentuk pilihan ganda dan biasanya digunakan untuk pembuatan jawaban pilihan seperti “ya” atau “tidak”, dan pilihan ganda campuran.
Pilihan Checkbox
Model ini menggunakan pilihan bentuk kotak centang dan user dapat memilih pilihan atau jawaban lebih dari satu.
Pilihan Dropdown
Untuk pilihan dropdown merupakan model jawaban berbentuk list yang dapat ditarik ulur.
Pemilihan format tanggal dan waktu
Pilihan format tanggal dan waktu merupakan salah satu model yang tersedia dalam google form.
Jawaban pendek dan panjang
Jika kamu membutuhkan menu opsi untuk menuliskan jawaban dalam bentuk teks, maka form tersebut juga telah menyediakan model untuk pengisian deskripsi baik dalam bentuk teks pendek, maupun teks panjang.
Setelah berhasil membuat form, jangan lupa untuk menekan tombol “send” yang terletak pada sudut kanan atas antarmuka aplikasi. Kemudian, kamu sudah dapat membagikan link form yang berhasil terkirim kepada responden.
Memperpendek link Google Form (opsional)
Jika kamu menginginkan bentuk format link form yang lebih pendek, terdapat beberapa cara untuk merealisasikannya. Kamu bisa membuka link website dari Short Url atau pada Bitly.
Monitoring tanggapan dari responden
Setelah kamu membagikan link formulir kepada setiap responden, tugas kamu hanya melakukan monitoring aktivitas dari responden yang mengisi formulir tersebut. Untuk bisa melihat hasil pengisian survei atau respon dari user, maka kamu bisa masuk pada menu responden. Kamu juga dapat mengunduh hasil tanggapan melalui tampilan spreadsheet.
Itu dia penjelasan singkat mengenai cara membuat Google Form. Sudah paham bagaimana cara membuatnya? Sekarang, kamu nggak perlu ribet deh untuk membuat kuesioner atau mengumpulkan data.
Sambil mengumpulkan data untuk keperluan pendidikan atau bisnismu, jangan lupa mengumpulkan cuan untuk masa depanmu dengan aplikasi Bibit. Di Bibit kamu bisa investasi dengan berbagai produk dengan reputasi terbaik pilihan Robo Advisor. Kamu juga nggak akan dikenai biaya pajak, lho. Plusss..kamu bisa mulai dengan dana awal yang sedikit yaitu Rp 100,000 namun pasti setiap bulannya harus konsisten menabung. Install sekarang juga aplikasi Bibit di App Store dan PlayStore.