Inilah 3 Media Sosial yang Paling Booming Tahun Ini

Sekarang ini media sosial memang bukan sesuatu yang asing. Dengan semakin berkembangnya internet dan masifnya penggunaan smartphone, memang membuat media sosial semakin banyak yang menggemarinya. Mungkin kamu juga merupakan salah satu pengguna media sosial tersebut. Dengan media sosial kita memang bisa melakukan banyak hal, dari berbagi konten, berinteraksi dengan teman di dunia maya hingga mencari pembeli untuk produk yang dijual. Dari semakin besarnya pengguna internet dan smartphone sendiri membuat media sosial juga mengalami perkembangan. Nah berikut ini adalah beberapa media sosial yang paling booming di tahun ini. Check this out!

1.      Instagram

Pertama, media sosial yang paling booming di tahun ini yaitu Instagram. Media sosial yang dikreasikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger tersebut memang begitu dominan di kalangan masyarakat. Dominasi Instagram sendiri terlihat dari penggunanya di dunia yang saat ini sudah mencapai lebih dari 1 miliar. Di Indonesia sendiri jumlah pengguna Instagram sudah mencapai 60 juta pengguna. Dengan mengandalkan basis gambar dan video, media sosial yang dirilis pertama kali pada 6 Oktober 2010 tersebut memang kemudian menjadi sangat digemari. Apalagi melihat dukungan banyak fitur yang terus dikembangkan, membuat Instagram begitu disayangkan bila dilewatkan. Media sosial yang telah diakuisisi Facebook pada 9 April 2012 dengan nilai sekitar $1 miliar ini pun saat ini telah mendapat sebutan sebagai media sosial kekinian.

2.      Twitter

Meski merupakan media sosial konvensional yang telah hadir sejak lama, namun Twitter tetap mendapatkan tempat dihati masyarakat. Hal ini terbukti dari penggunanya yang terus bertambah setiap tahunnya. Saat ini Twitter sendiri sudah digunakan oleh 500 juta pengguna di dunia dengan 326 juta pengguna aktifnya. Dengan semakin menurunnya popularitas Facebook, memang membuat Twitter semakin populer. Bahkan beberapa tokoh populer pun masih setia dengan Twitter untuk tempat berbagi dan mencari informasi. Rujukan publik untuk mencari topik tren di dunia dan di Indonesia melalui Twitter, juga menjadi salah satu hal yang membuat media sosial kreasi Jack Dorsey ini tetap eksis.

3.      Tiktok

Terakhir, media sosial yang plaing booming tahun ini adalah Tiktok. Aplikasi dari negeri Tirai Bambu China ini memang sekarang sedang marak dan populer, karena banyak diperbincangkan publik. Dari banyaknya video yang booming dari Tiktok inilah yang kemudian membuat banyak orang menjadi penasaran dan ingin mencoba aplikasi tersebut. Dari sinilah pengguna aplikasi yang diluncurkan tahun 2016 tersebut terus meningkat. Pada Juni 2018 yang lalu sendiri, pengguna aplikasi Tiktok ini telah mencapai 150 juta pengguna aktif. Melihat perkembangan Tiktok yang begitu massif ini tentu begitu mencengangkan. Sebab sebelumnya di Indonesia aplikasi ini pernah diblokir.

Demikianlah beberapa media sosial yang paling booming di tahun ini. Tentu saja keberadaan media sosial yang booming ini tidak terlepas dari peran publik, termasuk kamu sebagai penggunanya. Memang fenomena penggunaan media sosial yang sangat massif ini sudah wajar. Tapi sebagai pengguna yang bijak sudah selayaknya kita bisa bijak dalam menggunakan media sosial.