Begini Cara Gunakan Youtube Dashboard

Dengan lebih dari satu miliar pengguna per bulan di seluruh dunia, YouTube merupakan salah satu platform online paling populer saat ini. Popularitasnya diproyeksikan akan terus meningkat seiring dengan jumlah pengguna. Bahkan, lembaga riset pasar Statis memprediksi bahwa jumlah penggunanya akan mencapai angka 1,8 miliar orang pada tahun ini.

Google mengatakan bahwa 57 persen pengguna YouTube mencari konten hiburan, serta 86 persen juga menyatakan terbiasa mengunjungi situs tersebut untuk mempelajari informasi baru. Peran YouTube di Indonesia sebagai sarana publikasi konten video terus meningkat. Jumlah jam konten yang diunggah dari Indonesia meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun ke tahun.

Menurut hasil riset, 92 persen pengguna Indonesia menyatakan YouTube adalah tujuan pertama mereka ketika mencari konten video. Secara umum, pengguna Indonesia berpendapat bahwa YouTube memudahkan mereka dalam mencari konten yang menarik dengan topik yang beragam. Tidak hanya menikmati konten, saat ini kreator atau youtuber Indonesia sudah semakin banyak, siapapun bisa menjadi Youtuber. 

Cara membuat konten vlog youtube di sini

Memanage akun youtube juga harus diperhatikan ketika kamu menjadi youtuber, saat ini youtube sudah menyediakan salah satu fitur Youtube Dashboard.

Menggunakan dasbor Channel akan membuatmu mendapatkan ringkasan aktivitas terbaru di channel serta mempelajari berbagai hal baru dan menarik di YouTube. Begini cara menggunakan Youtube Dashboard.


Cara Menggunakan Youtube Dashboard

Sebenarnya sangat mudah bagaimana menggunakan Youtube dashboard, kamu cukup membuka atau mengunduh Youtube Studio. Saat masuk ke akun Youtubemu, dashboard akan langsung terlihat.

Menu youtube dashboard adalah bagian utama dari halaman administrasi Channel Youtube kamu. Hal yang pertama kali diperlihatkan ketika kamu membuka Youtube Studio. Lalu, fitur apa yang ada di dalam youtube dashboard dan kegunaannya?

  • Latest Video Performance

Bagian ini berisi statistik utama dari video yang terakhir kamu upload. Biasanya yang paling harus diperhatikan dari bagian ini adalah “Impressions click-through rate” dan “Average view duration”. Karena itu memberikan gambaran singkat apakah video yang terakhir dibuat, disukai orang dan thumbnail dari video tersebut menarik perhatian orang untuk klik videonya atau tidak.

  • Latest Post

Bagian ini adalah informasi status update terakhir pada bagian Community di Youtube. Semacam update status terakhir kamu di Youtube. 

  • News

News adalah berita terbaru dari pihak Youtube. Biasanya kalau ada informasi fitur baru updatenya di sini. Jadi bagian ini cukup penting untuk kamu perhatikan.

  • Creator Insider

Ini berisi video dari Channel Youtube Creator Insider. Biasanya berisi informasi terbaru mengenai Youtube dan fiturnya, juga tips dan trik seputar Youtube.

  • Important Notification

Bagian ini wajib selalu diperhatikan, karena tiap ada notifikasi penting akan muncul disini. Biasanya kalau ada Copyright Claim informasinya akan muncul di bagian Youtube Studio ini. Dan notifikasi biasanya juga harus kamu respon secepatnya. Terutama jika ada Copyright Claim karena lagu.

  • Channel Analytics

Pada bagian Youtube Channel Analytics ini berisi berapa jumlah subscriber kamu sampai saat ini, juga ringkasan data channel Youtube kamu selama 28 hari terakhir untuk Views, Watch Time dan penghasilan adsense.

  • Recent Subscriber

Di menu pilihan ini menggambarkan siapa saja subscriber terbaru di Channel Youtube kamu. Siapa yang terakhir memencet subscribe di channel youtubemu.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Adsense di sini

Jadi, sangat mudah bukan untuk menggunakan youtube dashboard? apakah kamu sudah mulai menjadikan channel youtube mu sebagai salah satu pemasukan tambahan? Atau malah sebagai pemasukan utama? Yang penting, tetap jangan lupa sisihkan untuk investasi ya. Karena investasi di Bibit bisa kamu mulai dengan 100 ribu saja. Yuk mulai investasi di aplikasi Bibit sekarang!

cita cita nabung buat liburan-04.png