Jika berbicara sejarah perkembangan media online di Indonesia tidak terlepas dari munculnya jaringan internet pada tahun 1990-an. Tercatat dalam sejarah media online Indonesia, situs berita yang pertama tayang yaitu (www.republika.co.id). Republika.co.id tayang perdana pada 17 Agustus 1994 tepat setahun setelah Harian Republika terbit.
Tahun 2000-2003 boomingnya media online. Indonesia pun merasakn pengaruh dari gelombang ini . Situs-situs lokal mulai bermunculan termasuk situs-situs berita. Beberapa situ-situs berita yang lahir pada era ini diantaranya astaga.com, satunet.com, lipposatar.com, kopitime.com dan berpolitik.com. situs-situs tersebut didukung oleh pemodal berkantong tebal.
Tali sayangnya, saat itu Euforia media online di tanah air tidak bertahan lama. Tumbuhnya semangat dari media-media online yang bermunculan tidak didukung dengan aspek bisnis yang baik. Memasuki tahun 2002 satu per satu berguguran, biaya operasional yang tak mampu di handle.
Tapi, selang beberapa tahun kemudian , memasuki tahun 2006, grup PT Media Nusantara Citra (MNC) yang memiliki tiga stasiun televisi yaitu RCTI, Global TV, dan TPI yang kemudian berubah menjadi MNC menyiapkan situs www.okezone. com . Secara resmi diluncurkan (commercial launch) pada 1 Maret 2007, dengan Pemimpin Redaksi okezone. com, yaitu M Budi Santosa. Okezone menjadi penanda bangkitnya lagi kegairahan pada media online di Indonesia.
Sebagai platform media online, Okezone terus berkembang dari waktu ke waktu. Lalu apa itu Okezone dan seperti apa kisahnya?
Dibawah Naungan MNC Group
Okezone.com adalah portal berita yang memiliki beragam konten seperti berita umum, politik, peristiwa, internasional, ekonomi, lifestyle, selebriti, sports, bola, auto, teknologi, travel, food, haji, dan muslim.
Portal berita okezone.com resmi diluncurkan (Commercial Launch) pada tanggal 1 Maret 2007 . Portal ini milik PT Media Nusantara Citra Tbk yang juga mempunyai beberapa bisnis di bidang media lainnya seperti TV, media cetak, dan juga radio.
Dilansir dari alexa.com top site di Indonesia pada tanggal 18 Oktober 2020, Okezone.com berada di urutan yang paling atas, dan disusul dengan Google, lalu Tribunnews.com. Okezone.com juga sudah terdaftar di daftar perusahaan pers dari Dewan Pers.
Baca juga artikel tentang Ini Cara Nonton Acara TV Favorit di Aplikasi RCTI Plus di sini
Menerapkan (artificial intelligence/AI)
Yang paling menarik, semakin berkembangnya okezone sebagai media online yang berada dibawah naungan MNC group, saat ini MNC sudah menerapkan kecerdasan buatan ( artificial intelligence/AI) di seluruh produk digitalnya, termasuk di okezone.
Penerapan AI diyakini akan mendorong perseroan melaju kencang, meninggalkan jauh kompetitornya dan menjadikan MNC Group raksasa ekonomi digital berskala global. MNC Group sudah memiliki kantor di India, di New Delhi dengan fokus artificial intelligence untuk mendukung semua yang ada di digital platform.
Kantor pusat AI tersebut diperkuat sumber daya manusia terbaik di bidang teknologi informasi, untuk mengembangkan AI berstandar internasional. Salah satu yang bakal diperkuat AI adalah portal berita milik perseroan. Portal berita online, ke depan akan makin dibutuhkan. Dengan semakin banyaknya jumlah pekerja dan pendidikan yang semakin tinggi, kebutuhan informasi akan kian meningkat.
Diketahui, MNC Media memiliki news aggregator di RCTI+ yang menampilkan 7.000-8.000 berita pilihan dari berbagai portal berita nasional setiap harinya. MNCN juga memiliki portal berita Okezone.com, Sindonews.com, iNews id, Celebrities.id dan IDXchannel.com. Pertumbuhan portal berita online MNC Group menembus 56% dalam 6 bulan terakhir dengan 75 juta monthly active users.
Perkembangan okezone, bisa dibilang semakin meningkat ya, sobit dan menjadi salah satu media online yang bertahan hingga saat ini.
Kalau investasi mu, nominalnya juga semakin meningkat kan? Semakin rajin investasi, kamu akan semakin cuan lho. Coba fitur "nabung rutin" di aplikasi Bibit, agar tiap bulan kamu tidak lupa investasi!