Social media yang sudah tidak asing lagi digunakan banyak orang saat ini, salah satunya adalah Instagram. Di Indonesia, jumlah pengguna Instagram hingga Juli 2021 sebesar 91,77 juta pengguna. Pengguna terbesar terdapat di kelompok usia 18 – 24 tahun yaitu 36,4%. Instagram berada di urutan ketiga sebagai platform media sosial yang paling sering digunakan, setelah YouTube dan WhatsApp lho.
Fitur-fitur di Instagram juga banyak dan selalu diperbaharui, tidak hanya upload foto atau video di feed aja nih. Pengembangan dan inovasi terus dilakukan oleh Instagram demi tujuan yang diinginkan. Salah satunya yakni dengan memunculkan fitur Instagram Reels. Lalu Apa itu Instagram Reels?
Apa itu Instagram Reel?
Sejumlah pengguna Instagram di Indonesia terpantau telah bisa menikmati fitur Instagram Reels di aplikasi Instagramnya pada bulan Juni lalu Untuk memperoleh fitur Instagram Reels, pengguna harus melakukan update aplikasi Instagram terlebih dahulu lewat Google Play Store untuk Android, dan App Store untuk iOS.
instagram Reels merupakan fitur yang memungkinkan pengguna Instagram dapat merekam sekaligus menyunting video pendek berdurasi 15 – 30 detik dan menggunakan lagu yang tersedia di Instagram.
Instagram Reels disebut-sebut mirip seperti jejaring sosial TikTok. Meski keduanya nampak identik, namun TikTok dan Instagram Reels memiliki sejumlah perbedaan, misalnya dari segi durasi konten yang ditawarkan.
Baca juga artikel tentang Apa Itu TikTok Lite?
Instagram Reels menjadi sebuah kesempatan pengguna untuk mendatangkan follower, meningkatkan jumlah waktu setiap orang dalam menghabiskan aplikasinya setiap hari dan memantapkan dirinya memiliki platform hiburan video. Menggunakan Reels memungkinkan pengguna untuk merekam video hingga 15 detik dan menambahkan musik yang populer, berbagi filter dan efek di atasnya. Para pengguna Instagram bisa menggunakan fitur ini untuk membangun pengikut karena Instagram memberikan tempat tersendiri khusus Reels di aplikasinya.
Cara Menggunakan Instagram Reel
Untuk menggunakan Instagram Reel juga sangat mudah. Untuk bisa menggunakan Instagram Reel, pengguna dapat mengetuk ikon mirip simbol video yang berlokasi di antara ikon “Search” dan “Shop”. Selanjutnya pengguna cukup mengklik pada ikon kamera yang berada di pojok kanan atas lalu pilih apakah ingin merekam video atau mengambil file dari galeri. Selanjutnya tambahkan efek, stiker, musik, caption dan sebagainya. Selanjutnya klik “Next” di bagian bawah.
Kamu bisa mempostingnya di Instagram feed atau di instagram story.
Tools Apa yang Dimiliki Instagram Reel?
Instagram Reel memiliki sejumlah tools di antaranya yaitu, layout, timer, speed, efek, dan touch up. Jika dibandingkan dengan TikTok, tersedia beberapa tools yang mencakup, timer, beautify, speed, filter, efek, dan durasi yang bisa diatur yaitu 15 atau 60 detik. Untuk membuat video TikTok, pengguna cukup menekan ikon (+) di bagian tengah bawah. Sementara di Instagram Reels, pengguna cukup menekan ikon berbentuk movie clip di bagian tengah, lalu klik ikon kamera untuk membuat konten video. Pengguna TikTok dan Instagram Reels bisa memilih opsi, apakah ingin merekam video secara langsung atau mengambil dari galeri ponsel.
Selain itu, dalam mengedit video, Instagram Reel memiliki tools yang terdiri dari Audio Controls, Voice Over, Filters, Stickers, Brush, dan Text. Hampir sama seperti di Tiktok, Instagram Reels sama-sama memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya dapat "berkolaborasi" dengan pengguna lainnya. Nama fitur tersebut adalah "Duet" (TikTok) dan "Remix This Reels" (Instagram Reels). Keduanya memiliki fungsi serupa yaitu dapat menggabungkan video dari pengguna lainnya ke dalam satu konten yang sama.
Kamu sudah membuat konten di Instagram Reel, Sobit? Kamu bisa lakukan untuk mengusir bosan dikala PPKM seperti sekarang ini. Tapi, jika lebih ingin melakukan kegiatan yang bisa menambah keuntungan, ya langsung aja kamu investasi reksadana di Aplikasi Bibit. Karena membeli reksadana semudah membeli kopi. Bayarnya bisa pake Go-pay!