Apa Saja Prosedur Pelayanan BPJS?

Menjadi anggota BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan tentu membuatmu perlu mengetahui seluk beluknya, termasuk cara meng-klaim asuransinya. Untuk meng-klaim asuransi dari BPJS Kesehatan ini maka kamu memang harus mengetahui prosedur pelayanan atau tata cara klaimnya. Sebab bila kamu langsung datang ke rumah sakit untuk berobat atau melakukan perawatan maka klaim BPJS Kesehatan ini tidak bisa dilakukan. Lalu bagaimanakah proses atau prosedur untuk klaim layanan BPJS Kesehatan tersebut? Berikut informasinya.

Prosedur Klaim Pelayanan BPJS Kesehatan

Nah untuk melakukan klaim pelayanan BPJS Kesehatan ini maka berikut ini ada beberapa tahapan atau prosedur yang harus kamu lakukan yaitu :

1.      Mendatangi Puskesmas Setempat

Tahap dan prosedur pertama yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan klaim layanan BPJS Kesehatan adalah dengan mendatangi terlebih dulu FASKES (Fasilitas Kesehatan) 1. FASKES 1 yang dimaksud di sini adalah puskesmas, klinik atau dokter keluarga. Di FASKES 1 yang sudah kamu pilih ini akan dilakukan pemeriksaan tahap awal. Jika hasil pemeriksaan di FASKES 1 ini keadaanmu bisa ditangani, maka kamu tidak akan dirujuk ke Rumah Sakit. Tapi bila ternyata keadaanmu tidak bisa ditangani FASKES 1 maka kamu akan dirujuk ke Rumah Sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Untuk prosedur pertama ini berlaku untuk sakit yang bersifat tidak darurat. Tapi bila sakit yang dialami bersifat darurat yakni sakit yang bisa mengancam nyawa atau cacat, maka pasien bisa langsung datang ke Rumah Sakit untuk mendapatkan layanan BPJS Kesehatan.

2.      Dapatkan Kartu Rujukan FASKES 1

Bila FASKES 1 ternyata memang tidak mampu menangani, kamu akan dirujuk ke Rumah Sakit. Untuk bisa mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit, kamu akan dibekali kartu rujukan dari FASKES 1. Kartu rujukan dari FASKES 1 ini memang perlu kamu miliki. Sebab tanpa adanya kartu rujukan ini kamu akan ditolak Rumah Sakit untuk klaim pelayanan BPJS Kesehatan. Untuk Rumah Sakit rujukan dalam klaim BPJS Kesehatan ini tidak bisa dipilih sendiri tapi akan ditentukan oleh pihak BPJS dalam sistem komputer.

3.      Datang Ke Rumah Sakit Rujukan

Terakhir, prosedur atau tahapan klaim pelayanan BPJS Kesehatan adalah dengan datang ke Rumah Sakit. Setelah mendapatkan surat rujukan dari FASKES 1 kamu bisa langsung datang ke Rumah Sakit untuk memeriksakan dan memperoleh perawatan. Tapi karena surat atau kartu rujukan dari FASKES 1 ini ada masa atau waktu kadaluarsanya, kamu tidak boleh terlambat datang ke Rumah Sakit. Ketika datang ke Rumah Sakit kamu juga perlu menyiapkan beberapa kelengkapan dokumen seperti :

  • Foto Copy Surat Rujukan dari FASKES 1.

  • Kartu BPJS Asli beserta foto copy-nya.

  • Foto copy KTP yang masih berlaku.

  • Foto Copy KK (Kartu Keluarga).

Pengecualian Biaya BPJS Kesehatan

Secara umum biaya perawatan dan obat-obatan akan ditanggung oleh pihak BPJS. Namun dalam beberapa kasus ternyata tidak semua biaya dapat di cover oleh pihak BPJS. Nah beberapa pengecualian dalam klaim layanan BPJS Kesehatan ini antara lain :

  • Beban biaya kelas perawatan yang lebih tinggi dari kelas yang diambil pasien. Seperti misalnya pasien adalah peserta BPJS Kesehatan kelas 3 maka bila kamar yang dipilih adalah kelas 2 atau kelas 1 membuat pihak BPJS tidak bisa meng-cover semua biaya perawatan di kelas yang lebih tinggi tersebut.

  • Munculnya obat dari rumah sakit yang tidak tercover atau tidak masuk daftar obat yang ditanggung pihak BPJS.

Baca juga artikel kita tentang nomor call center BPJS Kesehatan di sini.

Demikianlah prosedur dan tahapan klaim pelayanan BPJS Kesehatan. Dari sinilah kamu perlu memahaminya dengan sungguh-sungguh tata cara tersebut untuk bisa mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan. Selain asuransi maka supaya bisa menjamin kehidupanmu lebih baik di masa depan kamu juga membutuhkan sebuah instrumen bernama investasi. Dan salah satu pilihan investasi terbaik yang aman dan menguntungkan untuk dijalankan adalah investasi reksadana di aplikasi Bibit