Akhirnya MyIndiHome Membuka Layanan Netflix

Seperti yang kita tahu, Netflix sendiri telah masuk ke Indonesia sejak 2016 silam. Namun tak berselang lama, Netflix diblokir oleh Telkom, sehingga para pelanggannya tidak dapat mengakses layanan streaming video tersebut.

Pengguna jaringan Telkom Group di awal bulan Juli lalu akhirnya berbahagia, karena Netflix bisa diakses. Platform video on demand Netflix sudah dapat dinikmati di jaringan Telkomsel, dan MyIndiHome, sejak 7 juli 2020 lalu.

Netflix bisa diakses lewat jaringan yang tergabung dalam Telkom Group, yaitu layanan seluler Telkomsel maupun internet broadband MyIndiHome. Saat diumumkan tanggal 7 Juli 2020 lalu, Kabar ini disambut warganet sehingga Indihome dan Telkom menjadi trending topik di Twitter untuk Indonesia.

Telkom mencabut blokir dengan alasan Netflix yang dianggap telah menunjukkan komitmennya untuk dapat diterima masyarakat Indonesia. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan cara memastikan ketersediaan fitur pembatasan akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan, seperti parental control. Tak hanya itu, Netflix juga telah menyediakan mekanisme untuk menangani keluhan pelanggan. Termasuk juga mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.

Semenjak pandemi Covid-19 saja, pelanggan MyIndiHome mengalami peningkatan, apalagi sejak Netflix sudah bisa diakses, bisa jadi semakin meningkat dan menguntungkan Telkom. Karena rata-rata orang mengusir kebosanan sejak WFH, dan mengisi waktu luang dengan streaming film.

Baca juga artikel tentang Mau Streaming Film-Film Indonesia? Lihat di sini.

Jadi, sudah sebulan MyIndiHome membuka akses Netflix. Gimana nih setelah kurang lebih satu bulan MyIndiHome membuka layanan Netflix?

Sudah sebulan pengguna layanan internet Telkom seperti Telkomsel dan MyIndiHome sudah bisa mengakses Netflix tanpa harus menggunakan VPN. Saat awal blokir dibuka, banyak pelanggan MyIndiHome yang sudah bisa menikmati Netflix, tapi ada juga beberapa pengguna layanan Telkomsel dan MyIndiHome mengaku masih belum bisa mengakses Netflix. Menanggapi hal itu, Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo mengatakan pembukaan akses tersebut dilakukan secara bertahap. Selang sebulan ini, mestinya semua pelanggan sudah bisa akses Netflix. Apalagi, PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel memastikan tingkat jaringan yang dihadirkan kepada pelanggan berkualitas untuk mendukung layanan aplikasi Video on Demand (VOD), salah satunya adalah Netflix. Layanan jaringan tersebut guna menjamin kemudahan dan kenyamanan bagi pengalaman pelanggan mengakses ragam pilihan layanan berbasis gaya hidup digital.Telkomsel menilai saat ini permintaan menonton via online atau streaming sangat tinggi. Hal itu juga yang menjadi alasan mengapa induk usahanya Telkom Group kembali membuka blokir atas salah satu layanan streaming film, Netflix. 

Sudah sebulan Netflix dapat diakses di MyIndiHome, tetapi saat ini, jika kamu sudah berlangganan MyIndiHome, untuk dapat mengakses layanan Netflix, kamu masih harus menambah biaya untuk berlangganan. Berbeda dengan Iflix, yang sudah tersedia dan bisa kamu nikmati jika kamu sudah berlangganan paket di MyIndiHome, saat ini MyIndiHome belum ada bundling paket dengan Netflix. Semoga kedepannya akan ada ya, karena ini salah satu cara menyenangkan pelanggan dan pelanggan tidak perlu berlangganan tambahan atau secara terpisah. Dikutip dari laman Netflix.com, terdapat sejumlah paket berlangganan yang tersedia dengan rentang harga Rp49.000 hingga Rp169.000 per bulan.

Kamu termasuk salah satu pelanggan MyIndiHome dan sudah lancar menikmati Netflix selama sebulan ini? Film apa yang menjadi favoritmu? Sudah berapa judul film yang sudah kamu nikmati di Netflix?