2022 Cair Lagi, Cek Dulu Eform BRI untuk Bantuan UMKM

Kabar gembira! Bantuan Langsung Tunai atau BLT UMKM 2022 dipastikan cair lagi. Setelah mendapatkan persetujuan dari Presiden Jokowi, BLT UMKM 2022 akan segera disalurkan untuk kurang lebih 2,76 juta penerima. Lalu bagaimana cara mengetahui daftar penerima bantuan ini? Lakukan saja cek di eform BRI dalam pembahasan berikut.

Telah Mendapat Persetujuan Presiden

Seperti dinyatakan sebelumnya bahwa Presiden Jokowi memang telah menyetujui pengaliran dana bantuan langsung tunai bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau BLT UMKM 2022. Dari persetujuan Presiden kemudian keputusan tersebut disampaikan secara daring melalui siaran pers Kesekretariatan Presiden.

Selain siaran pers Kesekretariatan Presiden, informasi ini juga disampaikan dalam jumpa pers pada hari Minggu 16 Januari 2022 oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Saat jumpa pers tersebut, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa BLT UMKM 2022 akan disalurkan kembali untuk pelaku usaha Pedagang Kaki Lima(PKL), warung dan nelayan.

Besaran Bantuan dan Pencairan

BLT UMKM 2022 ini nantinya akan diterima oleh kurang lebih 2,76 juta keluarga dengan besaran Rp 600 ribu. Beberapa kelompok penerima yang akan menerima bantuan ini antara lain 1 juta orang dari kelompok Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pemilik warung serta 1,76 juta lainnya dari keluarga nelayan dan penduduk dalam ekonomi miskin yang ekstrem. Untuk pencairannya, direncanakan BLT UMKM 2022 akan dilakukan mulai kuartal pertama 2022.

“Akan segera dilaksanakan (pemberian BLT UMKM]) dan Presiden setuju bahwa untuk perlindungan sosial akan dilakukan 'front loading' di kuartal pertama,” jelas Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Cek Daftar Penerima BLT UMKM 2022

Untuk Anda yang ingin mengecek apakah sudah terdaftar sebagai penerima BLT UMKM 2022, bisa melakukan pengecekan melalui link online eform.bri.co.id/bpum. Berikut tahapan pengecekannya:

1.       Pertama, buka link eform BRI

2.       Lalu, pilih menu BPUM (Cek Data BPUM)

3.       Nantinya akan muncul kolom Cek Penerima BPUM UMKM

4.       Selanjutnya, masukkan nomor kartu tanda penduduk (KTP) dan kode verifikasi

5.       Terakhir, klik proses inquiry dan akan muncul notifikasi pesan apakah kamu jadi penerima atau tidak

Syarat untuk Mencairkan BLT UMKM 2022

Untuk kamu yang terdaftar dan akan mencairkan BLT UMKM 2022, perlu meninjau persyaratan berikut ini:

1.       Wajib membawa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)

2.       Melampirkan buku tabungan dan Kartu ATM

3.       Membawa surat Pernyataan yang ditandatangani oleh petugas Desa daerah setempat.

4.       Menunjukkan notifikasi pesan SMS pemberitahuan penerima BLT UMKM atau BPUM

Baca juga artikel kita tentang cara daftar e-form BRI dengan mudah lewat handphone dan PC di sini.

Itulah informasi mengenai Bantuan Langsung Tunai atau BLT UMKM 2022 yang sudah dipastikan akan cair di tahun 2022. Dari sini maka kamu yang memang merasa sudah mendaftar bantuan ini, bisa segera melakukan pengecekan. Setelah mendapat bantuan, jangan lupa untuk membuat keuangan tetap sehat dengan cara berinvestasi. Dengan investasi, kamu juga bisa menyongsong masa depan lebih cerah. Salah satu rekomendasi yang menarik untuk dijadikan pilihan adalah investasi reksadana di aplikasi Bibit.