Apa saja jejaring sosial yang kamu gunakan selama ini? Pastinya kamu menggunakan media sosial sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan kamu. Apalagi buat kamu yang menggeluti dunia bisnis, media sosial pasti punya peran penting untuk perkembangan bisnis kamu.
Sudahkah kamu mencoba menggunakan Pinterest untuk bisnismu? Pinterest adalah media sosial yang mengusung konsep membagi papan pin (pinboard) virtual yang memungkinkan pengguna mengoleksi gambar hingga video dan membagikannya kepada pengguna lain. Kamu juga bisa membuat sebanyak mungkin papan (board) dan memisahkan koleksimu sesuai dengan kategorinya.
Pinterest banyak dilirik oleh pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Beberapa brand besar seperti Wal-Mart, Lowe's, dan Apple juga menggunakan Pinterest sebagai bagian dari strategi bisnisnya. Jadi, selama kamu tahu cara berjualan yang tepat di Pinterest, Pinterest bisa jadi salah satu alat bisnis yang menguntungkan. Gimana? Kamu tertarik menggunakan Pinterest untuk bisnis? Simak cara-cara di bawah ini untuk memaksimalkan Pinterest untuk bisnismu.
Buat Akun Pinterest Bisnis
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun bisnis di Pinterest. Setelah kamu mendaftarkan diri untuk membuat akun, jangan lupa untuk menyambungkannya dengan website kamu. kemudian isi profil akun bisnismu dan jangan lupa untuk mencantumkan nama Instagram, Facebook, dan Twitter kamu.
Baca juga artikel tentang Pelajari Social Media Marketing Untuk Promosikan Bisnismu di sini
Bikin Konten Lebih Interaktif
Selain mengunggah konten yang berisi barang dagangan kamu, kamu juga perlu membuat dan mengunggah konten yang bisa membuat kamu lebih interaktif dengan para calon pelanggan. Sering-seringlah membuat konten hiburan yang akan memungkinkan kamu berkomunikasi dengan pelangganmu. Misalnya, kamu punya bisnis baju, kamu bisa mengunggah konten tentang padu padan baju yang kekinian. Hal itu akan membuat pelanggan dan penjual lebih interaktif dan tidak bosan dibanding hanya mengunggah konten barang dagangan saja.
Perhatikan Kualitas Gambar
Visual yang kamu tampilkan untuk konten juga harus diperhatikan untuk menarik perhatian pelanggan. Pertama, kamu harus memperhatikan ukuran dan format gambar. Pinterest berisi gambar yang identik dengan format vertikal atau memanjang ke bawah. Jadi buatlah gambar denganformat itu dan hindari gambar dengan format memanjang ke samping. Selain itu, usahakan untuk membuat gambar semenarik mungkin. Sesuaikan dengan background gambar, tingkat kecerahan gambar, dan perpaduan warna dalam gambar. Gambar-gambarnya juga harus memiliki resolusi foto yang tinggi agar lebih enak dilihat.
Lengkapi Deskripsi Gambar
Agar pelanggan mendapat informasi yang lengkap tentang barang dagangan kamu, pastikan untuk menuliskan deskripsi gambar lengkap dan detail. Kamu juga bisa menggunakan hashtag di deskripsi pin kamu.
Buat Board dan Pin yang Search Engine Friendly
Sesuaikan nama gambar kamu dengan kata kunci yang tepat yang mudah ditemukan pada mesin pencarian (Search Engine Friendly). Dengan pemilihan kata kunci yang tepat, Board atau gambar kamu akan mendapatkan tempat yang tinggi atau ada di bagian atas dalam hasil pencarian Pinterest.
Sering Interaksi dengan Pengguna Lain
Interaksi dengan pengguna lain akan meningkatkan engagement akun kamu. Kamu bisa memberikan like atau komentar pada postingan pengguna lain dan bahkan melakukan 're-pin' konten mereka. Kamu juga bisa mengikuti akun bisnis lain termasuk akun milik brand-brand yang sudah besar namanya.
Tidak susah sebenarnya untuk membuat akun Pinterest untuk bisnismu. Ikuti saja beberapa tips di atas, dan semoga ini semua bisa sedikit membantumu memulai bisnis lewat Pinterest. Selain menyiapkan media sosial untuk bisnismu, jangan lupa juga tetap siapkan dana dengan investasi agar bisnismu tetap berjalan lama. Kamu bisa investasi untuk bisnismu di aplikasi Bibit . Gunakan fitur “goal setting” dan kamu bisa tentukan nominal setiap bulannya. Investasi semakin mudah untuk mempersiapkan masa depanmu.