Gimana Cara Kerja CMS BRI untuk Meningkatkan Bisnismu?

Sobit, apakah kamu sedang merintis bisnis dan ingin mengatur keuangan bisnismu dengan baik? Kalau iya, sekarang kamu dapat dengan mudah mengelola keuangan bisnismu melalui BRI Cash Management System dari bank BRI.  BRI Cash Management System merupakan pilihan yang tepat buat kamu yang menjadi pengusaha dan membutuhkan pengelolaan keuangan yang terkendali dan tentunya mudah digunakan. Dengan adanya produk layanan ini nasabah BRI bisa melakukan pengelolaan keuangan secara online. Sehingga buat kamu pengusaha yang minim waktu dan jarang berada di lokasi usaha kamu bisa memaksimalkan waktumu dimanapun kamu berada menggunakan BRI Cash Management System ini.

Bagi pengelola sebuah bisnis, layanan CMS dari Bank BRI ini tentu dapat memberikan banyak keuntungan dan kemudahan. Selain mencegah kemungkinan kebocoran keuangan dan telat melunasi tagihan, layanan ini juga dapat membantu perusahaan untuk melakukan transaksi secara otomatis serta real time. 

Akses e-banking, asuransi gratis, sistem keuangan yang aman dan terjamin, serta beragam fitur andalan lainnya juga bisa didapatkan oleh pengguna layanan CMS. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat dengan lebih mudah menjalankan bisnis dan mengoptimalkan arus kas usaha dengan lebih maksimal.

Panduan Menjadi Pengguna Layanan CMS BRI

Untuk bisa menjadi pengguna layanan Cash Management System BRI tidaklah rumit. Bahkan, Bank BRI tidak membebankan biaya sepeserpun untuk pemilik usaha yang ingin menggunakan layanan keuangan yang ditawarkan tersebut. Sama halnya dengan proses registrasi layanan pada umumnya, pemilik bisnis dapat melakukan cara berikut:

1. Unduh Formulir

Kamu harus mengunduh formulir pendaftaran CMS terlebih dahulu. Formulir pendaftaran tersebut dapat diakses dengan bebas di situs resmi Ibank Bank BRI. 

2. Lengkapi Berkas yang Ada

Setelah mendapatkan seluruh formulir pendaftaran yang dibutuhkan, kamu hanya tinggal melengkapi berkas tersebut dengan informasi yang diminta dengan sebenar-benarnya. 

3. Kunjungi Kantor BRI Terdekat

Kemudian, saat formulir terisi dengan lengkap, pendaftar layanan CMS bisa langsung mengunjungi kantor BRI terdekat untuk menyerahkan berkas ke staff yang bertugas. 

Pegawai Bank BRI tersebut kemudian akan melangsungkan proses registrasi selanjutnya dan memberikan pendaftar ID perusahaan, ID pengguna, dan juga password. Ketiga informasi tersebutlah yang akan menjadi kode akses pemilik bisnis untuk masuk ke layanan CMS Bank BRI. 

Agar akun CMS memiliki sistem keamanan yang lebih terjamin, Bank BRI melengkapi layanan tersebut dengan fitur User Access Matrix dan Approval Verification Matrix. Kedua fitur keamanan tersebut tentu memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi dari fitur UAM adalah untuk mengatur banyaknya user atau individu yang dapat mengakses akun CMS. 

Sedangkan untuk fitur AVM, pemilik akun bisnis CMS dapat mengaktifkan proses persetujuan terlebih dahulu pada saat akan membuat transaksi. Fitur ini mengharuskan pemilik akun untuk menunjuk tiga user lain yang bertugas sebagai pembuat transaksi, penanggung jawab verifikasi transaksi, serta approval atau pelaku yang menyetujui setiap transaksi yang dibuat. 

Tak hanya memiliki fitur keamanan berupa UAM dan AVM, CMS BRI juga mencanangkan fitur keamanan tambahan. Fitur tersebut diberi nama SMS Security System yang bertugas sebagai lapis keamanan lanjutan bagi pemilik akun layanan Bank BRI tersebut. 

Fitur pengamanan dengan menggunakan SMS ini dilengkapi dengan User ID, kata sandi, secure token, serta pengamanan definitif dengan menggunakan fitur UAM dan AVM. Dengan begitu, risiko akun CMS akan diretas atau disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab akan menjadi lebih kecil terjadi.

Baca juga artikel Tips Aman Menggunakan KlikBCA Dengan VPN Tarumanagara

di sini!


Fitur-Fitur Pada Layanan CMS BRI

Fitur keamanan yang diberikan oleh Bank BRI di layanan CMS memang tidak perlu diragukan lagi. Namun, nilai lebih yang dimiliki oleh layanan keuangan ini tidaklah hanya pada sistem keamanan. Ada beragam fitur canggih lain yang dimiliki oleh layanan CMS dari Bank BRI ini, seperti:

1. Internal Fund Transfer

Salah satu yang paling berguna adalah fitur internal fund transfer. Fitur ini memberikan kebebasan bagi pengguna layanan CMS untuk melakukan transfer ke rekening BRI ataupun BRIVA lainnya secara massal. Dengan begitu, penggunanya tidak perlu lagi membuang waktu cukup lama hanya untuk melakukan transfer dana ke banyak rekening satu per satu. 

2. External Fund Transfer

Fitur kedua yang dimiliki adalah external fund transfer. Selaras dengan fitur yang pertama, pengguna layanan CMS mampu melakukan transfer dana secara massal ke rekening bank selain Bank BRI. Pengguna dapat melakukan transfer dengan menggunakan Kliring serta RTGS. 

Fitur ini juga memudahkan pemilik bisnis untuk melakukan transaksi dengan menggunakan mata uang asing yang dikonversikan dengan counter rate atau negotiated rate. Dilakukan dengan menggunakan jaringan SWIFT atau Remittance, layanan CMS menjamin transaksi ke luar negeri dengan aman dan tidak merugikan. 

Jika pengguna layanan CMS memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak untuk digaji, proses pembayaran gaji dapat dilakukan secara serentak. Jadi, waktu yang dimiliki oleh pemilik bisnis tidak akan terbuang percuma untuk melunasi tagihan tersebut. 

3. Account Polling

Perusahaan berskala besar biasanya memiliki jumlah rekening yang cukup banyak untuk divisi yang berbeda. Nah, agar proses pengawasannya menjadi lebih mudah, layanan CMS memiliki fitur Account Polling yang dapat memindahkan dana dengan otomatis dan terjadwal. 

4. BRI Virtual Account

Selain itu, layanan CMS juga memiliki fitur manajemen BRIVA atau BRI Virtual Account. Dengan fitur ini, proses transaksi yang terjadi dalam bisnis akan berjalan dengan lebih lancar dan terverifikasi secara otomatis. 

5. Proses Pembayaran yang Mudah

Selain itu tersedia proses pembayaran pembelian dan tagihan yang dapat dilakukan dengan mudah dan simpel. Dalam menjalankan bisnis, pemilik usaha tentu memiliki jumlah tagihan yang cukup banyak, sebagai contoh adalah pembayaran pajak, listrik, air, dan lain sebagainya. Nah, dengan menjadi pengguna layanan CMS, pemilik bisnis dapat melunasi tagihan tersebut dan mendapatkan bukti pembayaran tanpa memprosesnya secara manual. 

6. Lebih Mudah Mengakses Laporan Keuangan

Fitur terakhir adalah adanya laporan keuangan yang dapat dengan mudah diakses dan dijadikan sebagai bahan evaluasi bisnis. Laporan keuangan yang jelas merupakan salah satu faktor untuk bisnis bisa meraih kesuksesan. Untuk itu, dengan menggunakan layanan CMS, pemilik bisnis dapat dengan mudah dan efisien mengontrol alur keuangan dalam bisnis.

7. Fitur Keamanan

Bank BRI telah melengkapi teknologi ini dengan User Access Matrix tersebut dengan fitur User Access Matrix dan Approval Verification Matrix. Fungsi dari user access matrix ini adalah mengatur berapa banyak orang atau user yang bisa mengakses akun BRI cash management system milikmu. Sehingga, kamu bisa menentukan ada berapa orang yang akan menjadi user dan siapa saja user dari akun BRI CMS tersebut. Dengan begitu pengelolaan keuangan akan lebih transparan dan terpadu kamu juga dapat memantau nya lebih detail dan mengetahui siapa saja yang bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan bisnismu.


Jika kamu dapat mengelola keuangan bisnis dengan tepat dan transparan, maka bisnis yang kamu jalani juga akan semakin sukses dan besar.  Salah satu cara bagi pebisnis untuk bisa mendapatkan sistem keuangan bisnis yang tidak memiliki celah dan kebocoran adalah dengan memanfaatkan layanan CMS dari Bank BRI. Selain itu, jangan lupa untuk mengelola keuangan pribadi kamu dengan berinvestasi reksadana bersama Bibit. Bagi kamu investor pemula, nggak perlu khawatir karena manajer investasi di aplikasi Bibit sudah berizin OJK dan kamu bisa mengikuti rekomendasi Robo untuk investasi sesuai profil risiko. Nggak Cuma itu, kamu bisa memulainya dengan nominal yang kecil, hanya Rp 100.000. Yuk, sob gaskeun registrasi di aplikasi Bibit sekarang juga ya!