Saat ini marketplace di Indonesia memang sedang menanjak popularitasnya. Platform belanja online ini memang semakin hari terlihat semakin banyak diminati publik. Marketplace sendiri adalah tempat atau platform online tempat para penjual atau merchant berkumpul untuk mendapatkan pembeli. Tingginya perhatian publik pada marketplace sendiri terlihat dari semakin tingginya nilai transaksi yang tercatat pada marketplace setiap tahunnya. Meski ada kekhawatiran barang yang dibeli tidak sesuai ekspektasi, namun penawaran promo dari marketplace sepertinya menjadi sesuatu yang lebih memikat. Dari semakin besarnya pangsa pasar di dunia online ini pula membuat banyak marketplace baru bermunculan. Tapi marketplace apa saja yang saat ini paling populer di Indonesia? Berikut ulasannya.
1. Shopee
Marketplace online paling populer pertama di Indonesia adalah Shopee. Marketplace yang berpusat di Singapura ini memang bukan lagi nama asing bagi masyarakat Indonesia. Sebab dengan bombastisnya kegiatan pemasaran yang dilakukan Shopee, membuat marketplace yang berada di bawah naungan SEA Group tersebut semakin dikenal. Popularitas Shopee sendiri tidak hanya dikarenakan kegiatan marketing yang massif dijalankan, tapi juga disebabkan tingginya ketertarikan publik untuk berbelanja di platform tersebut. Di Shopee sendiri, kamu memang bisa berbelanja dengan beragam promo menarik yang disediakan. Bahkan pada momen-momen tertentu, Shopee tidak ragu untuk menghadirkan promosi besar-besaran untuk produk-produk yang ada di dalam platform-nya. Dari apa yang dilakukan Shopee untuk konsumennya ini tak heran bila kemudian nama Shopee menjadi begitu familiar di Indonesia.
2. Tokopedia
Marketplace yang didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison ini juga tak kalah populernya dari Shopee. Meski sudah ada sejak lama, namun nama Tokopedia memang tak pernah hilang. Banyaknya suntikan dana dari investor, menjadi salah satu sebab Tokopedia terus eksis hingga sekarang. Tak lupa juga strategi pemasaran yang baik, membuat marketplace yang pernah meraih penghargaan Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016 ini terus bertumbuh. Tidak hanya itu, sebelumnya Tokopedia juga sudah mendapatkan penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-Commerce pada acara Markplus Conference 2015. Prestasi Tokopedia ini terus meningkat saat di tahun 2008 mampu memuncaki aplikasi di Apple Store. Di platform Android sendiri Tokopedia berhasil terpilih sebagai aplikasi terbaik pilihan masyarakat di Google Play.
3. BukaLapak
Terakhir, marketplace online paling populer di Indonesia adalah BukaLapak. Marketplace yang didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono ini memang telah menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk berbelanja online. Dengan semakin banyaknya pengguna dan merchant di BukaLapak setiap waktunya, sudah menandakan bahwa marketplace yang didirikan tanggal 10 Januari 2010 tersebut banyak diminati. Tercatat di akhir tahun 2018 sendiri, penjual atau merchant yang bergabung dengan BukaLapak sudah mencapai mencapai 4 juta penjual. Tidak kalah dengan Shopee dan Tokopedia, BukaLapak dengan segala prestasinya juga telah mencatatkan beberapa penghargaan bergengsi seperti Penghargaan Achmad Bakrie XVI 2018 - Teknologi dan Kewirausahaan, Tangrams Awards – E-commerce Asia Pacific dan lainnya.
Itulah 3 marketplace online paling populer di Indonesia. Dengan keberadaan marketplace ini kita memang semakin punya pilihan untuk berbelanja secara online dengan mudah dan menyenangkan, karena berbelanja bisa jadi self reward kamu setelah tujuan financial kamu tercapai.