Bibit | Artikel Investasi Reksadana dan SBN

View Original

Cara Mengakses Mandiri Internet Bisnis untuk Perkembangan Bisnismu

Saat ini layanan perbankan bukan hanya menawarkan layanan untuk bisnis-bisnis besar saja, tapi juga untuk usaha kecil dan menengah. Untuk kamu yang baru ingin memulai bisnis, nggak perlu khawatir dalam mengelola keuangannya. Serahkan semua ke bank Mandiri dengan layanan Mandiri Internet Bisnis. 

Mandiri Internet Bisnis (MIB) adalah layanan perbankan elektronik atau e-banking untuk transaksi finansial dan nonfinansial. Berbeda dari Mandiri Internet Banking atau e-banking biasa, MIB ditujukan bagi nasabah bisnis segmen perorangan dan perusahaan, khususnya skala kecil dan menengah.



Fitur yang terdapat dalam layanan mandiri internet bisnis antara lain informasi umum rekening, transfer, pembayaran, pembelian, administrasi, informasi bisnis, dan aktivitas bisnis lainnya. Bukan hanya itu, produk perbankan ini juga memiliki banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan, terutama kemudahan untuk mengatur transaksi bisnismu. Selama ada internet, kamu dapat menggunakan layanan ini kapan pun, dimana pun. Tidak perlu lagi khawatir lambat menangani transaksi.

Selain itu, dengan menggunakan Mandiri Internet Bisnis juga memiliki banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan layanan dari Mandiri Internet Bisnis. Cek keuntungannya berikut ini!

  1. Mempermudah kamu mengatur transaksi keuangan perusahaan.

  2. Dapat digunakan di mana saja dan kapan saja hanya dengan koneksi internet.

  3. Hemat dan menguntungkan, di mana kamu tidak akan dikenakan biaya bulanan dan limit harian setiap fitur transaksi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan usaha. 

  4. Aman, karena aplikasi ini telah dilengkapi dengan sistem keamanan SSL. Untuk masuk ke dalam layanan mandiri internet bisnis, kamu akan diminta untuk mengisi Company ID, User ID, dan password. Untuk bertransaksi kamu juga akan diminta untuk menggunakan token.

Cara Mendaftar Mandiri Internet Bisnis

  1. Nasabah dapat melakukan pendaftaran mandiri internet bisnis di kantor cabang Bank Mandiri.

  2. Nasabah diwajibkan melampirkan surat-surat sebagai berikut :

    • KTP, Buku Tabungan (Nasabah perorangan)

    • KTP, Buku Tabungan, Surat Kepemilikan Perusahaan (Nasabah perusahaan)

  3. Nasabah diwajibkan mengisi form registrasi aplikasi mandiri internet bisnis.

  4. Setelah selesai mendaftar, Nasabah akan diberikan starter pack mandiri internet bisnis yang berisi buku petunjuk penggunaan dan token yang dapat diambil setelah 14 hari kerja (tergantung lokasi) di kantor cabang dimana Nasabah melakukan pendaftaran layanan mandiri internet bisnis.

  5. Nasabah juga akan diberikan Company ID, user ID dan password first time login yang akan dikirimkan ke email Nasabah.

  6. Untuk melakukan transaksi, Nasabah dapat mengakses alamat website https://mib.bankmandiri.co.id/sme yang kemudian dilanjutkan dengan mengisi field Company ID, User dan password.

Syarat dan Ketentuan Layanan

Syarat Pendaftaran MIB

  1. Nasabah calon pengguna layanan MIB telah :

  2. Memiliki rekening Mandiri Giro / Mandiri Tabungan Bisnis ;

  3. Mengisi dan menandatangani formulir Aplikasi MIB pada Cabang pengelola rekening dan menyerahkan copy bukti kepemilikan rekening Mandiri Giro / Mandiri Tabungan Bisnis dan menunjukkan aslinya

  4. Apabila dalam layanan ini akan diikutsertakan rekening pihak lain, maka Nasabah juga wajib menyerahkan asli surat kuasa dari pemilik rekening. Apabila rekening atas nama pihak lain yang digunakan untuk keperluan transaksi akan dibatalkan penggunaannya, maka Nasabah atau pemilik rekening wajib untuk memberitahukannya kepada Bank disertai dengan asli pencabutan dari pemilik rekening.

  5. Membaca, memahami, menandatangani Syarat dan Ketentuan MIB.

Yang Bisa Dilakukan dengan Mandiri Internet Bisnis

  1. Transfer antar sesama rekening Bank Mandiri maupun bank lain, dari mana saja tanpa perlu datang ke kantor cabang. Transfer dapat disertai berita sehingga memudahkanmu untuk memberikan informasi tambahan pada transaksi.

  2. Transfer lewat Mandiri Internet Bisnis dapat dilakukan dengan metode Sistem Kliring Nasional (SKN) atau metode Real Time Gross Settlement (RTGS). SKN biasanya memakan waktu proses transfer lebih lama dibandingkan RTGS dan tanpa biaya. Sementara RTGS lebih aman untuk transfer dana dalam jumlah besar karena prosesnya yang cepat. Biaya RTGS di MIB sendiri adalah Rp15.000.

  3. Transfer online ke bank-bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama atau Prima dengan sistem real time online. Dana yang kamu transfer akan langsung sampai ke rekening tujuan, cukup dengan biaya Rp6.500. Bahkan, mau transfer ke rekening bank luar negeri pun bisa dengan biaya mulai USD5.

  4. Mandiri Internet Bisnis punya layanan payroll untuk mengirimkan gaji para karyawan dan tidak dikenakan biaya untuk tujuan rekening Bank Mandiri. Sedangkan untuk tujuan rekening bank lain, kamu akan dikenai biaya Rp2.500.


Itulah beberapa penjelasan dari layanan Mandiri Internet Bisnis yang wajib kamu tahu sebagai pebisnis atau pengusaha. Kelola sebaik mungkin keuangan perusahaanmu demi berkembangnya bisnis di masa depan. Jangan lupa juga untuk kelola keuangan pribadimu dengan berinvestasi reksadana di aplikasi Bibit. Di aplikasi Bibit, semua pembelian reksadana gratis tanpa biaya komisi. Dan dana investasi dapat dicairkan kapanpun dengan cepat tanpa penalti. Ayo, jangan mau kalah sama generasi cuan yang lainnya!